ABBA - Asosiasi Bengkel Bodi Automotif

Hit Statistic

mod_vvisit_counterToday198
mod_vvisit_counterYesterday114
mod_vvisit_counterAll5435606

Advertisement

  • ABBA - Asosiasi Bengkel Bodi Automotif

ABBA Ind. kerja sama dengan CHARTIS INSURANCE Ind.

E-mail Print PDF
Chartis Insurance

Pada tanggal 16 dan 17 Desember 2009 Asuransi AIU yang sekarang sudah berganti nama menjadi Chartis Insurance Indonesia, telah mengumpulkan seluruh bengkel rekanannya yang berjumlah kurang lebih 65 bengkel.  Diumumkan bahwa  pergantian nama ( rebranding ) tersebut dilakukan   serentak diseluruh dunia, dimana terdapat kantor  AIU,  sehingga AIU  sekarang, diseluruh dunia sudah seragam memakai  nama Chartis Insurance. Kata Chartis sendiri  berasal dari kata Yunani yang berarti Peta,  filosofinya adalah bahwa semua orang didalam setiap aspek kehidupan memerlukan “Peta” sebagai tuntunan.

Selain mengumumkan pergantian nama, Chartis juga mengumumkan bahwa  akan memberlakukan kerjasama dengan Asosiasi Bengkel Bodi Automotif Indonesia (ABBA Indonesia), yaitu mempersyaratkan bagi bengkel rekanan Chartis Ind. Harus menjadi anggota ABBA Ind. maka kepada  bengkel rekanan Chartis yang belum menjadi anggota ABBA Ind. Diberi kesempatan dalam waktu 6 bulan sudah harus menjadi anggota ABBA Ind.

 

Kenapa kerja sama dengan ABBA ?

Chartis menggandeng ABBA Ind.  berharapan bahwa ABBA Ind. Sebagai organisasi, secara moral ikut bertanggung jawab terhadap seluruh bengkel–bengkel yang menjadi anggotanya. Chartis memulai memakai system trust, kepercayaan, didalam membangun kerjasama dengan bengkel-bengkel rekanannya, sehingga Chartis akan menghapus  system survey pada setiap claim, yang selama ini menjadi titik rawan didalam hal relationship antara bengkel dan asuransi.  Chartis dengan positif thingking percaya bahwa bengkel-bengkel rekanannya yang seluruhnya adalah anggota ABBA Ind.  Tidak akan berbuat hal-hal yang tidak dikehendaki, seperti  rekasaya dan penyimpangan lainnya. Survey akan dilakukan secara random dan hanya pada saat dipandang diperlukan. Dalam hal ini apabila terpaksa diperlukan team penilai atau ajuster ABBA Ind. sudah siap dengan team independentnya.  Tetapi pada dasarnya dalam hal ini Chartis  telah mempercayakan kepada ABBA ind. Untuk ikut bersama-sama mengontrol kinerja bengkel-bengkel anggotanya.  

 

Oleh karena itu kepada bengkel-bengkel anggota ABBA Ind. diminta bekerja secara profesional, transparant,  meninggalkan cara-cara lama yang tidak profesional. Karena apabila masih melakukan perekayasaan order dari asuransi, bengkel tersebut hanya akan menikmati keuntungan sesaat, tetapi lama kelamaan pasti akan  ketahuan, dan  dijauhi oleh Asuransi, dan apabila diketahui bengkel tersebut sudah jelas-jelas  melakukan rekayasa, ABBA Ind. pun tidak segan-segan akan mencoret dari daftar anggota dan melaporkan kepada pihak Asuransi bahwa bengkel tersebut sudah bukan anggota ABBA lagi. 

 

Dalam kesempatan itu pula Chartis juga memberlakukan system MERIMEN yang dipakainya dimana Merimen telah memakai system paperless didalam system administrasinya,  yaitu mulai dari pengajuan biaya claim, Repair Instruction ( R I ), penawaran, penagihan sampai pengiriman kwitansi sama sekali tidak diperlukan kertas lagi, karena semua sudah memakai system on line, dan pembayaran kepada bengkelpun dapat dilaksanakan secara cepat, yaitu paling lambat hanya dalam tempo 7 hari sudah bisa ditransfer kebengkel, dengan kata lain, apabila  estimasi sudah disetujui, artinya Chartis sudah menyediakan uang pembayarannya.

 

Hal ini merupakan efesiensi untuk kedua belah pihak, khususnya pihak bengkel sudah tidak memerlukan kurir lagi untuk bagian penagihan dan kirim kwitansi. Mudah-mudahan hal ini akan membawa angin segar bagi perkembangan industri otomotif bodi repair.

 

Last Updated ( Thursday, 21 January 2010 13:45 )  
You are here: Home Berita ABBA Ind. kerja sama dengan CHARTIS INSURANCE Ind.
Space Iklan